FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PESERTA BPJS TERHADAP PELAYANAN INSTALASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ISLAM HJ. SITI MUNIROH TASIKMALAYA

Yani Rosyani, - (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PESERTA BPJS TERHADAP PELAYANAN INSTALASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ISLAM HJ. SITI MUNIROH TASIKMALAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
COVER YANI ROSYANI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB I YANI ROSYANI.pdf

Download (860kB)
[img] Text
BAB VII YANI ROSYANI.pdf

Download (806kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA YANI ROSYANI.pdf

Download (527kB)

Abstract

Jaminan kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) adalah badan hokum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan. Salah satu pelayanan kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS adalah rumah sakit (fasilitas kesehatan tingkat lanjut). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan peserta BPJS terhadap pelayanan instalasi rawat jalan di Rumah Sakit Islam Hj. Siti Muniroh Tasikmalaya. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien peserta BPJS yang berobat di instalasi rawat jalan sebanyak 30 pasien dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi prosedur pelayanan (pendaftaran) p= 0,042, persepsi pelayanan sumber daya manusia (tenaga kesehatan) p= 0,028, dan persepsi fasilitas p=0,004 dengan kepuasan peserta BPJS. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan rumah sakit bisa mengembangkan media komunikasi pendaftaran pasien peserta BPJS melalui SMS atau telepon untuk mempercepat pelayanan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSuchri Suarli, -NIDN0406074801
Thesis advisorUsman Sas yari, -NIDN0406098302
Additional Information: HARDCOPY (SKP.799)
Uncontrolled Keywords: prosedur pelayanan, pelayanan sumber daya manusia, fasilitas, kepuasan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: - Pustakawan UMTAS 2
Date Deposited: 07 Apr 2022 07:11
Last Modified: 03 Jul 2023 03:38
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/949

Actions (login required)

View Item View Item