PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PUSPAJAYA MATERI MANFAAT GAYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Mira Melinda, - (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PUSPAJAYA MATERI MANFAAT GAYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB 1 MIRA.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB 5 MIRA.pdf

Download (514kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran make a match dengan media kartu tujuannya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Puspajaya materi manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari. Alasan mengambil judul tersebut karena hasil belajar mata pelajaran IPA berada di bawah KKM, dengan nilai rata-rata hasil siswa 60 pada KKM 69, 14 siswa (82%) yang belum tuntas. Oleh sebab itu peneliti menggunakan model pembelajaran make a match untuk meningkatakan prestasi belajar. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis penelitian mengguanakan quasi exsperimental design dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SDN Puspajaya dengan jumlah populasi dua puluh siswa dengan menggunakan sampel jenuh yang membagi siswa kedalam dua kelas yaitu kelas kontrol sepuluh siswa dan kelas eksperimen sepuluh siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttes dan data dianalisis menggunakan SPSS versi 23. Hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata posttest dengan adanya peningkatan lebih besar dari kelas kontrol yaitu 85,2 > 77,2. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan SPSS versi 23 diperoleh nilai sig 0,008 < 0,05 , maka Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Sehingga hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Puspajaya materi manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Additional Information: HARDCOPY- (SKP.PGSD.0046)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Make A Match, Prestasi Belajar Siswa.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 29 Jun 2021 06:50
Last Modified: 07 Dec 2023 06:35
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item