PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING BERBANTUAN POP-UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI CIPARI

Dea Lestari, - (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING BERBANTUAN POP-UP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI CIPARI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (577kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan keterampilan bercerita siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cipari antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode paired storytelling berbantuan Pop-Up Book dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan metode paired storytelling; Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cipari yang berjumlah 22 peserta didik. Desain penelitian ini adalah pre-test and post-test group. Sampel diambil menggunakan tenik random sampling yang terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen sebanyak 11 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 11 peserta didik. Validitas yang digunakan dalam penelian ini adalah instrumen penilaian. Relabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabiltas alpha cronbach, sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) nilai t hitung >t yaitu 9,775>3,900. dengan df 20 pada taraf signifikansi 0.05.tabel Hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya perbedaan yangsignifikan pada prestasi keterampilan bercerita siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cipari antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode paired storytelling dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan metode paired storytelling; Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode paired storytelling berpengaruh terhadap pembelajaran keterampilan bercerita siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cipari.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Additional Information: HARDCOPY - (SKP.PGSD.0032)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 24 Jun 2021 01:22
Last Modified: 07 Dec 2023 03:02
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item View Item