KORELASI KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 CIBEUTI - (SKP.PGSD.0100)

Witri Meliani, - (2023) KORELASI KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 CIBEUTI - (SKP.PGSD.0100). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Witri Meliani - COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Witri Meliani - ABSTRAK.pdf

Download (929kB)
[img] Text
Witri Meliani - BAB I.pdf

Download (905kB)
[img] Text
Witri Meliani - BAB V.pdf

Download (937kB)
[img] Text
Witri Meliani - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (764kB)

Abstract

Seseorang yang memiliki kecerdasan linguistik cenderung memiliki kebiasaan membaca ataupun menulis yang lebih baik dari teman seusianya, sehingga seseorang dengan kecerdasan linguistik yang tinggi mampu memahami bacaan ataupun materi yang disampaikan pada proses pembelajaran. Dalam kecerdasan linguistik terdapat empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai, meliputi keterampilan menulis, keterampilan membaca, keterampilan berbicara dan keterampilan menyimak, hal itu juga termasuk dalam indikator kecerdasan linguistik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan linguistik dengan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Cibeuti. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Cibeuti yang berjumlah 24 orang, dan sampel mengambil seluruh populasi yang berjumlah 24 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui korelasi kecerdasan linguistik dengan prestasi belajar adalah tes keterampilan berbahasa. Berdasarkan hasil analisis data dari perhitungan menggunakan korelasi product moment diperoleh data sebagai berikut : Korelasi keterampilan menulis dengan prestasi belajar adalah 0,782, korelasi keterampilan membaca dengan prestasi belajar adalah 0,704, korelasi keterampilan berbicara dengan prestasi belajar adalah 0,704, dan korelasi keterampilan menyimak dengan prestasi belajar adalah 0,688 ≥ 0,404. Dengan demikian nilai ≥ pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan bahwa ada korelasi secara signifikansi antara kecerdasan linguistik dengan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Cibeuti.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Kecerdasan Linguistik, Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 03 May 2023 02:11
Last Modified: 03 May 2023 02:11
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1321

Actions (login required)

View Item View Item