Mira Melinda, - (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PUSPAJAYA MATERI MANFAAT GAYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (550kB) |
|
Text
BAB 1 MIRA.pdf Download (523kB) |
|
Text
BAB 5 MIRA.pdf Download (514kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (510kB) |
Abstract
Penerapan model pembelajaran make a match dengan media kartu tujuannya untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Puspajaya materi manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari. Alasan mengambil judul tersebut karena hasil belajar mata pelajaran IPA berada di bawah KKM, dengan nilai rata-rata hasil siswa 60 pada KKM 69, 14 siswa (82%) yang belum tuntas. Oleh sebab itu peneliti menggunakan model pembelajaran make a match untuk meningkatakan prestasi belajar. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis penelitian mengguanakan quasi exsperimental design dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SDN Puspajaya dengan jumlah populasi dua puluh siswa dengan menggunakan sampel jenuh yang membagi siswa kedalam dua kelas yaitu kelas kontrol sepuluh siswa dan kelas eksperimen sepuluh siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttes dan data dianalisis menggunakan SPSS versi 23. Hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata posttest dengan adanya peningkatan lebih besar dari kelas kontrol yaitu 85,2 > 77,2. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan SPSS versi 23 diperoleh nilai sig 0,008 < 0,05 , maka Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Sehingga hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Puspajaya materi manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | HARDCOPY- (SKP.PGSD.0046) | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Make A Match, Prestasi Belajar Siswa. | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2021 06:50 | |||||||||
Last Modified: | 07 Dec 2023 06:35 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/340 |
Actions (login required)
View Item |