Teni Tutiareni, - (2021) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SOAL CERITA PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR - (SKP.PGSD.0071). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
abstrak.pdf Download (560kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (711kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (557kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (687kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa pada operasi hitung bilangan pecahan di kelas V SDN 2 Tuguraja, Cihideung, Kota Tasikmalaya. Dalam penelitian ini pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik yang akan dilaksanakan yaitu menggunakan tahap matematika konkret dengan bantuan media benda nyata dan model alat peraga berupa play-doh dan kertas origami. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Tuguraja, dengan jumlah 18 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh, cara pengambilan sempelnya secara random, yang menghasilkan 9 siswa kelas eksperimen dan 9 siswa kelas kontrol.. Objek penelitian adalah hasil belajar operasi hitung bilangan pecahan menggunakan pembelajaran matematika realistik. Untuk menguji validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas konstrak dengan menggunakan pendapat ahli (experts jugdement) dan validitas isi dengan mengujicobakan ke sekolah yang berbeda. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar, dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa t hitung sebesar 2.456 dengan probabililitas signifikansi (two tailed) 0,000, karena signifikansi (two tailed) < a (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Tuguraja pada materi soal cerita pecahan. Hal itu juga didukung oleh nilai ratarata posttest kelas eksperimen sebesar 77,56 lebih besar daripada kelas kontrol yaitu sebesar 62,78.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, matematika, pembelajaran matematika realistik. | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 29 Nov 2021 02:56 | |||||||||
Last Modified: | 19 May 2023 01:53 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/619 |
Actions (login required)
View Item |