PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV SDN 3 SUKAMANAH - ( SKP.PGSD.0058)

Vivi Erpianti, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV SDN 3 SUKAMANAH - ( SKP.PGSD.0058). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA.

[img] Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB I_1.pdf

Download (957kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA materi gaya kelas IV SDN 3 Sukamanah. Pembelajaran IPA di kelas IV SDN 3 Sukamanah pada materi gaya terdapat beberapa hambatan yaitu kurangnya media pembelajaran dan alat-alat praktik. Guru memerlukan waktu yang banyak dan harus mempersiapkan alat pendukung yang memadai pada proses pembelajaran. Guru hanya menggunakan model pembelajaran ceramah, sehingga prestasi belajar pada mata pelajaran IPA tidak mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Model pembelajaran Numbered Head Together dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, dan menyenangkan dalam pembelajaran sehingga peneliti memilih model pembelajaran Numbered Head Together sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain quasi ekperimen bentuk One-Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Sukamanah di Jl. Dr. Moch. Hatta No. 252, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya pada kelas IV sebanyak 16 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara, sedangkan instrumen pengumpulan data yaitu menggunakan instrumen tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik non-parametrik. Hasil penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together pada materi gaya pada pre-test prestasi belajar siswa kelas IV SDN 3 Sukamanah dalam mata pelajaran IPA materi gaya yang mencapai KKM adalah 3 orang siswa (18,75%), sedangkan yang tidak mencapai KKM sebanyak 13 orang siswa (81,25%). Hasil post-test yang mencapai KKM terdapat 14 orang siswa (87,5%), sedangkan yang tidak mencapai KKM sebanyak 2 orang siswa (12,5%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Numbered Head Together, Prestasi Belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Numbered Head Together, Prestasi Belajar.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 17 Nov 2021 08:15
Last Modified: 22 May 2023 01:23
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item