BIMBINGAN KELOMPOK BOARD GAME UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD NEGERI 1 SETIAMULYA KOTA TASIKMALAYA - (SKP.BK 0028)

Shita Sepita Fatonah, - (2020) BIMBINGAN KELOMPOK BOARD GAME UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD NEGERI 1 SETIAMULYA KOTA TASIKMALAYA - (SKP.BK 0028). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK SHITA SEPITA FATONAH.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I SHITA SEPITA FATONAH.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB V SHITA SEPITA FATONAH.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SHITA SEPITA FATONAH.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih maraknya fenomena bullying yang terjadi di sekolah yang dilakukan oleh siswa.Fenomena bullying pada siswa perlu ditangani karena jika dibiarkan dapat memberikan dampak negatif untuk siswa. Oleh karena itu perlu diterapkan suatu penanganan yang tepat agar mampu menurunkan intenstas bullying yang dilakukan siswa. Salah satu cara untuk menangani perilaku bullying adalah dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok melalui media board game. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran empirik mengenai keefektifan layanan bimbingan kelompok melalui media board game untuk mereduksi perilaku bullying siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian menggunakan non equivalent control group. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Setamulya Kota Tasikmalaya. Subjek penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas IV, V dan VI yang dipilih dengan teknik pengambilan voluntary sampling dengan kriterisa siswa yang memiliki kategori kecenderungan melakukan bullying pada kategori tinggi, sedang dan rendah. Subjek penelitian dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen berjumlah 10 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 10 siswa. keduanya memperoleh pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat penurunan perilaku bullying pada siswa SD Negeri 1 Setiamulya Kota Tasikmalaya sebelum dengan sesudah diberikan intervensi layanan bimbingan kelompok melalui media board game, ditunjukan dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney bahwa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,010 maka nilai sig. < 0,05. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya layanan bimbingan kelompok melalui media board game efektif untuk mereduksi perilaku bullying pada siswa SD Negeri 1 Setiamulya Kota Tasikmalaya. Penelitian ini memiliki kekurangan yaitu selama pelaksanaan eksperimen tidak dapat mengontrol variabel-variabel luar yang dapat mempengaruhi pencapaian hasil yang optimal selama pelaksanaan eksperimen secara ketat karena menggunakan metode kuasi eksperimen.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorGian Sugiana Sugara, -NIDN0015128701
Thesis advisorAgung Nugraha, -NIDN0026128602
Uncontrolled Keywords: Bullying, Bimbingan Kelompok, Bimbingan Kelompok Melalui Media Board Game
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:23
Last Modified: 30 May 2023 06:46
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item