PENGEMBANGAN KETERAMPILAN GERAK TARI LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARWANGI - (SKP.PGSD.0054)

Tesa Muliawati, - (2020) PENGEMBANGAN KETERAMPILAN GERAK TARI LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARWANGI - (SKP.PGSD.0054). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (591kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (696kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan keterampilan gerak tari literasi terhadap kemampuan membaca huruf siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Banjarwangi. Karena pembelajaran di sekolah dapat terlaksana dengan baik apabila penyampaian guru dari sumber belajar dan media pembelajarannya dapat memberikan pemahaman kepada siswa dengan baik dan tepat. Mengembangkan keterampilan gerak tari literasi terhadap kemampuan membaca huruf siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri Banjarwangi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan dengan desain penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Banjarwangi Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya pada siswa kelas I. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Angket dan Test gerak tari literasi. Berdasarkan hasil dari angket validasi gerak tari layak digunakan kerena, dapat mendorong semangat siswa dalam membaca. Adanya gerakan-gerakan literasi siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari. Keterangan nilai dari hasil jumlah validasi dari setiap butir dengan jumlah 10 butir pernyataan yang terdapat dalam instrumen yang digunakan dalam validasi gerak tari. Dengan jumlah 8 dari nilai 5= sangat baik, dan jumlah 2 dari nilai 4= baik. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif penggunaan keterampilan gerak tari literasi terhadap kemampuan membaca siswa di kelas I Sekolah Dasar Negeri Banjarwangi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Gerak, Tari Literasi, Membaca Huruf.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 30 Jun 2021 02:44
Last Modified: 25 May 2023 06:43
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item