Rani, - (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN CILILITAN PADA MATERI MAGNET - (SKP.PGSD.0050). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (597kB) |
|
Text
BAB I fixs.pdf Download (677kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (668kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (553kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV materi Magnet di SDN Cililitan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada kelompok eksperimen dan menyediakan kelompok kontrol sebagai pembanding. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Cililitan yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini bertempat di SDN Cililitan yang beralamat di Dusun Kiarakoneng, RT/RW 009/003, Kelurahan Neglasari, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmaalaya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes dan teknik dokumentasi. Diketahui bahwa t hiting sebesar 1858 dengan probabilitas signifikasi (two tailed) 072, karena signifikasi (two tailed) < 1⁄2 a (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang itu berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two terhadap prestasi belajar kelas IV SDN Cililitan pada materi magnet. Hal itu juga didukung oleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 88,3, lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu sebesar 63,7.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | The Power of Two, Prestasi Belajar. | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2021 08:19 | |||||||||
Last Modified: | 25 May 2023 07:46 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/342 |
Actions (login required)
View Item |