Eneng Fitri Fauziah, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 1 SUKAMENAK TAHUN AJARAN 2018/2019 - (SKP.PGSD.0036). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (497kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (583kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (495kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (565kB) |
Abstract
Pembelajaran IPS memberi bekal kepada siswa untuk mengembangkan diri sesuai bakat, minat, dan kemampuan, serta berbagai bekal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kendala yang sering ditemui guru dalam mengajar IPS diantaranya rendahnya prestasi siswa dan motivasi siswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS yaitu dengan menerapkan model pembelajaran time token. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran time token terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Sukamenak. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Sukamenak yang berjumlah 32 orang yang terbagi kedalam kelas eksperimen sebanyak 16 siswa dan kelas kontrol sebanyak 16 siswa dengan penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran time token terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Sukamenak. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian bahwa prestasi belajar siswa kelas eksperimen bernilai rata-rata sebesar 80,38 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 72,06. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar thitung untuk variabel kelas eksperimen sebesar 2.435, sedangkan ttabel adalah 2,042, sehingga thitung > ttabel (2.435 > 2,042), maka model pembelajaran time token berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 1 Sukamenak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Time Token, Prestasi Belajar IPS. | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2021 01:30 | |||||||||
Last Modified: | 30 May 2023 06:50 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/331 |
Actions (login required)
View Item |