PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SUB SISTEM PEMBELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X RPL SMK MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA - (SKP. PTI 0010)

Refah Shofiatul Qolbi Al Shaleh, - (2020) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SUB SISTEM PEMBELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X RPL SMK MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA - (SKP. PTI 0010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (514kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (591kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran disekolah yang menggunakan model Direct Instruction atau metode ceramah, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru. Pembelajaran yang seperti itu tidak sesuai dengan Permendikbud No.103 Tahun 2014 yang memiliki visi agar peserta didik bisa berkembang dan memiliki karakter saintifik, rasa ingin tahu dan perilaku sosial. Karakteristik Project Based Learning diantaranya yaitu peserta didik dihadapkan pada permasalahan konkret, mencari solusi, dan mengerjakan projek dalam tim untuk mengatasi masalah tersebut. Pada model Project Based Learning peserta didik tidak hanya memahami konten, tetapi juga menumbuhkan keterampilan pada peserta didik bagaimanan berperan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada sub sistem pembelajaran simulasi dan komunikasi digital untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMK. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X RPL 1 dan X RPL 2 SMK Muhammadiyah Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang memiliki rata-rata 92,95 dengan hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang memiliki rata-rata 79,32. Hal ini menandakan terdapat perbedaan dari penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar tentang pengolah kata apda peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Tasikmalaya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorCecep Riki, -NIDN0424057408
Thesis advisorAlfadl Habibie, -NIDN0409088202
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Hasil belajar, Simulasi dan Komunikasi Digita
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Teknik Informasi
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:03
Last Modified: 19 May 2023 04:24
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item