PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN LIUNGGUNUNG - (SKP.PGSD 0016)

Riska Muslimah, - (2019) PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN LIUNGGUNUNG - (SKP.PGSD 0016). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK RISKA.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB I RISKA.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB V RISKA.pdf

Download (494kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RISKA.pdf

Download (494kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran IPA di SD masih sering dijumpai berbagai permasalahan yang dialami guru maupun siswa sehingga perlu adanya perbaikan dalam menyampaikan materi pelajaran. Dalam pembelajaran IPA masih menggunakan metode konvensional karena kurangnya pemahaman guru dalam menerapkan model pembelajaran di kelas sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa terutama pada aspek kognitif. Maka untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menerapkan model course review horay pada mata pelajaran IPA materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Tujuan dari penelitian ini secara umum untuk mengetahui pengaruh model course review horay terhadap prestasi belajar IPA materi bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Liunggunung. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. populasi dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas IV SDN Liunggunung Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya yang terbagi kedalam kelas eksperimen sebanyak 15 siswa dan kelas kontrol sebanyak 15 siswa dengan penentuan sampel secara random menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa pada aspek kognitif kelas eksperimen 80,87 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 73,27. Diperoleh hasil analisis sig. Sebesar 0,044 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model course review horay terhadap prestasi belajar IPA materi bagian tumbuhan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Liunggunung

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Course Review Horay, Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 23 Mar 2021 17:00
Last Modified: 23 May 2023 07:55
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item