PENGARUH REALISTIC MATHEMATHICS EDUCATION (RME) DENGAN TEKNIK PAIR CHECK MATERI PECAHAN TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS IV SDN BABAKAN KADU - ( SKP.PGSD 0009)

Pipit Fitriani, - (2019) PENGARUH REALISTIC MATHEMATHICS EDUCATION (RME) DENGAN TEKNIK PAIR CHECK MATERI PECAHAN TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS IV SDN BABAKAN KADU - ( SKP.PGSD 0009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK PIPIT.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB I PIPIT.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB V PIPIT.pdf

Download (700kB)
[img] Text
Daftar Pustaka PIPIT.pdf

Download (525kB)

Abstract

Pembelajaran Matematika merupakan pembelajaran yang membutuhkan penalaran yang cermat serta kemampuan dalam memahami dan memecahkan permasalahan. Kendala yang sering ditemui guru dalam mengajar Matematika diantaranya rendahnya prestasi siswa dan motivasi siswa yang cenderung rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran Matematika yaitudengan menerapkan pendekatan Realistic Mathemathic Education (RME) dengan Teknik Pair Checks pada materi pecahan. Dengan pendekatan Realistic Mathemathic Education (RME) dengan Teknik Pair Checks diharapkan adanya pengaruh pada prestasi belajar siswa dalam pelajaran Matematika materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Realistic Mathemathic Education (RME) dengan Teknik Pair Checks Materi Pecahan Terhadap Prestasi Siswa Kelas IV SDN Babakan Kadu. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan design Nonrandomized Control Group, Pretest– Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di SDN Babakan Kadu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Babakan Kadu yang berjumlah 58 siswa. Seluruh populasi digunakan penelitian maka disebut sampel total. Teknik pengumpulan data melakukan tes (pretest dan postest). Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 16. Menurut data yang telah dianalisis, memperoleh sig 0,002 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Realistic Mathemathic Education (RME) dengan teknik pair checks memiliki pengaruh yang signfikan terhadap hasil belajar pecahan pada Mata Pelajaran Matematika siswa kelas IV SDN Babakan Kadu. Memperoleh thitung adalah 3,228 dan ttabel 2,0042. thitung yang didapat berada pada wilayah yang positif atau 3,228 > 2,0042 sehingga Ha diterima. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen > kelas kontrol (66,66 > 56,59). Maka Realistic Mathemathic Education (RME) dengan teknik pair checks memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar pecahan pada Mata Pelajaran Matematika siswa kelas IV SDN Babakan Kadu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathemathic Education (RME),Pair Checks, dan prestasi belajar.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 22 Mar 2021 11:51
Last Modified: 23 May 2023 07:44
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item