Nida Badriyah, - (2019) PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS IV SDN 2 SUKAMULYA - (SKP.PGSD 0004). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK NIDA.pdf Download (699kB) |
|
Text
BAB I NIDA.pdf Download (706kB) |
|
Text
BAB V NIDA.pdf Download (588kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NIDA.pdf Download (593kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar kognitif siswa pada materi sifat-sifat cahaya di SDN 2 Sukamulya. Hambatan dalam proses pembelajaran, pada pembelajaran IPA kurang menarik karena cenderung menggunakan pembelajaran konvesional, Keterbatasan alat peraga sehingga siswa kurang aktif, kurang memaksimalkan model pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran, rendahnya prestasi belajar kognitif siswa. Dalam mengatasi masalah ini yaitu dengan menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), dengan model pembelajaran ini siswa dapat aktif dalam pembelajaran dan materi ini digunakan dengan alat peraga sehingga mudah dipahami oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen Jenis penelitian dengan metode Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan Desain eksperimen The Non-Equivalent Group Design. Sampel penelitian seluruh populasi (sampling total), untuk pembagian kelas kontrol dan kelas eksperimen dipilih secara random. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Sukamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis. Pada siswa kelas IV A sebanyak 20 siswa dan IV B sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, tes dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Shapiro-wilk, uji homogenitas dengan rumus one-way anova, dan hipotesis statistik menggunakan rumus uji-t. Pada kelas eksperimen kelas IV A SDN 2 Sukamulya diperoleh rata-rata nilai pretest 68,00 dan rata-rata nilai posttest 81,25 dan pada kelas kontrol yaitu kelas IV B SDN 2 Sukamulya diperoleh rata-rata nilai pretest 56,75 dan rata-rata nilai posttest 66,25. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik dari pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Two Stay Two Stray (TSTS), Prestasi Belajar IPA, Sifat-Sifat Cahaya. | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2021 01:52 | |||||||||
Last Modified: | 19 May 2023 02:24 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/221 |
Actions (login required)
View Item |