PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIA USAHA EKONOMI DI KELAA V SDN RAHAYU - (SKP.PGSD 0001)

Dina Herlina, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TARI BAMBU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIA USAHA EKONOMI DI KELAA V SDN RAHAYU - (SKP.PGSD 0001). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK DINA.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB I DINA.pdf

Download (653kB)
[img] Text
Bab V DINA.pdf

Download (717kB)
[img] Text
Daftar Pustaka DINA.pdf

Download (502kB)

Abstract

Pembelajaran guru di sekolah dasar tidak menggunakan media, dan model pembelajaran, sehingga peserta didik mudah bosan, menjadi pasif, keefektifan belajar rendah, dan kurangnya nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran IPS atau rendahnya prestasi siswa pada mata pelajaran IPS. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V pada materi jenis usaha ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi Eksperimental Design dengan Nonequivalen Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Rahayu. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Rahayu yang berjumlah 28 orang, sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 14 orang siswa untuk kelas eksperimen dan 14 orang siswa untuk kelas kontrol sebagai pembanding. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes soal pilihan ganda, dengan teknik analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji parametrik dan uji non-parametrik), dan uji gain. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi jenis usaha ekonomi di kelas eksperimen, dengan hasil pengujian yang diperoleh nilai thitung sebesar 6,648, sedangkan pada taraf signifikansi ɑ= 0,05 (dk=26) diperoleh nilai ttabel 2,056. Karena thitung > ttabel (6,648 > 2,056), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan secara signifikansi antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, dimana prestasi belajar siswa kedua kelas tersebut berbeda, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol. Simpulan penelitian ini bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi jenis usaha ekonomi di kelas V SD Negeri Rahayu.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Model, Bamboo Dance Type, Student Learning Achievement, Social Studies Learning.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 21 Mar 2021 18:00
Last Modified: 23 May 2023 07:51
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item