Anisa Nur Fauziah, - (2023) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 TASIKMALAYA. KTI thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Anisa N Fauziah - COVER.pdf Download (20kB) |
|
Text
Anisa N Fauziah - ABSTRAK.pdf Download (751kB) |
|
Text
Anisa N Fauziah - BAB I.pdf Download (893kB) |
|
Text
Anisa N Fauziah - BAB V.pdf Download (779kB) |
|
Text
Anisa N Fauziah - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (949kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efektivitas bimbingan kelompok menggunakan teknik assertive training untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk Pra-Experimental design dengan One Group Prettest-Posttest Study. Subjek penelitian ini terdiri dari 15 orang siswa (N=15) yang memiliki perilaku tidak asertif dalam semua kategori. Bimbingan kelompok menggunakan assertive training diberikan dalam 6 sesi. Data dikumpulkan sebelum dan setelah intervensi. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perubahan signifikan terhadap peningkatan skor perilaku asertif setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbandingan nilai Thitung dengan Ttabel yang menunjukan ada perubahan signifikan. Dengan demikian, bimbingan kelompok menggunakan assertive training efektif untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas XI SMK Negeri 3 Tasikmalaya
Item Type: | Thesis (KTI) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Hardcopy: SKP.BK 0203 | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Assertive Training, Siswa, Perilaku Asertif | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2024 03:43 | |||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2024 03:43 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1825 |
Actions (login required)
View Item |