PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI (Penelitian Eksperimen pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al Falah Simpang Kabupaten Tasikmalaya)

Fitri Nuraeni, - (2023) PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI (Penelitian Eksperimen pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al Falah Simpang Kabupaten Tasikmalaya). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Fitri Nuraeni - COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Fitri Nuraeni - ABSTRAK.pdf

Download (789kB)
[img] Text
Fitri Nuraeni - BAB I.pdf

Download (890kB)
[img] Text
Fitri Nuraeni - BAB V.pdf

Download (852kB)
[img] Text
Fitri Nuraeni - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (956kB)

Abstract

Kemampuan bahasa merupakan aspek perkembangan yang sangat penting bagi setiap manusia. Kemampuan bahasa menjadi sarana jalan membangun komunikasi serta menjalin hubungan sosial dengan manusia lain. Keterampilan komunikasi merupakan salah satu bentuk perkembangan bahasa yang dimiliki oleh anak usia dini. Melalui komunikasi anak dapat mengungkapkan perasaan dan pendapatnya. Kemampuan bahasa komunikasi anak usia dini di RA Al Falah Simpang baru mencapai 20% berdasarkan capaian perkembangan dalam STPPA sehingga perlu memberikan arahan serta pembiasaan menggunakan komunikasi efektif yang terarah dan konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi efektif terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di RA Al Falah Simpang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemberian perlakuan menggunakan komunikasi efektif dilakukan kepada kelas eksperimen sebanyak 12 kali pertemuan sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional seperti biasa. Hasil temuan yang didapatkan selama 12 kali pertemuan berdasarkan data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Hasil perbandingan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan bahwa nilai kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 55.17 sedangkan kelas kontrol 34.50. Hal ini menunjukan bahwa kelas eksperimen mampu meningkatkan kemampuan bahasa dengan cepat dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komunikasi efektif berpengaruh positif terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di RA Al Falah Simpang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorElfan Fanhas Fatwa Khomaeny, -NIDN0425098003
Thesis advisorFajar Nugraha, -NIDN0408128802
Additional Information: Hardcopy: SKP.PAUD 0025
Uncontrolled Keywords: anak, bahasa, komunikasi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:26
Last Modified: 15 Jan 2024 04:26
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1766

Actions (login required)

View Item View Item