STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SENI MUSIK DI SMPN 1 CIBALONG TERHADAP SISWA YANG TERIDENTIFIKASI BUTA NADA DENGAN METODE SOLFEGIO

Dzikri Muhammad Rafdi, - (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SENI MUSIK DI SMPN 1 CIBALONG TERHADAP SISWA YANG TERIDENTIFIKASI BUTA NADA DENGAN METODE SOLFEGIO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Dzikri M. Rafdi - COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Dzikri M. Rafdi - ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dzikri M. Rafdi - BAB I.pdf

Download (836kB)
[img] Text
Dzikri M. Rafdi - BAB V.pdf

Download (758kB)
[img] Text
Dzikri M. Rafdi - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (800kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi pembelajaran guru seni musik terhadap siswa yang teridentifikasi buta nada. Metode yang tepat untuk menyingkap seluruh data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara, dokumentasi dan study pustaka. Ada 10 strategi yang dipakai saat pembelajaran seni musik dengan metode solfegio untuk siswa yang teridentifikasi buta nada yaitu: 1. Evaluasi kemampuan siswa buta nada 2. Fokus pada Solfegio 3. Latihan mendengarkan nada 4. Latihan vokal 5. Penggunaan alat musik 6. Latihan berulang 7. Variasi pembelajaran 8. Pendekatan individual 9. Dukungan keluarga 10. Berikan umpan balik yang konstruktif. Dengan Strategi tersebut, metode solfeggio dapat membantu siswa yang teridentifikasi buta nada dalam belajar musik bagi SMPN 1 Cibalong.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorAsep Wasta, -NIDN0011126804
Thesis advisorArni Apriani, -NIDN0419048001
Additional Information: Hardcopy: SKP.SENI 0062
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Solfegio, Buta Nada
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:17
Last Modified: 11 Jan 2024 07:17
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item