Risa Khoerunnisa, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Risa Khoerunnisa - COVER.pdf Download (59kB) |
|
Text
Risa Khoerunnisa - ABSTRAK.pdf Download (857kB) |
|
Text
Risa Khoerunnisa - BAB I.pdf Download (878kB) |
|
Text
Risa Khoerunnisa - BAB V.pdf Download (859kB) |
|
Text
Risa Khoerunnisa - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (859kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media video berbasis sparkol videoscribe pada mata pelajaran IPA. Terdapat beberapa permasalahan yaitu adanya keterbatasan penggunaan media pembelajaran, hanya menggunakan media berupa slide gambar atau media sesuai materi yang disampaikan dengan media seadanya yang ada di ruangan Lab dan guru lebih sering menggunakan metode ceramah. Dengan demikian, media video berbasis sparkol videoscribe dikembangkan untuk menjawab beberapa permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikemukakan oleh Borg & Gall dengan 10 tahapan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kotabaru pada siswa kelas IV dengan teknik deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik wawancara, angket validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, respon siswa, dan tes. Hasil validasi akhir ahli media yaitu sebesar 92% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli materi yaitu sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”. Dan hasil validasi ahli bahasa sebesar 100% dengan kategori “Sangat Layak”. Pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor rata-rata 36,8 atau 92% dengan kategori “Sangat Layak” dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan skor rata-rata 36,2 atau 90,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Hal ini menunjukkan bahwa media video berbasis sparkol videoscribe layak dijadikan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan. Berdasarkan hasil pretest dan posttest terjadi perubahan yang signifikan. Pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,89 atau 89% dengan kategori “tinggi” dan kategori tafsiran “efektif”, sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,37 atau 37% dengan kategori “sedang” dan kategori tafsiran “tidak efektif”. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh menggunakan N-gain dapat dikatakan bahwa media video berbasis sparkol videoscribe efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan media dapat digunakan dalam pelajaran IPA materi daur hidup hewan di kelas IV SDN Kotabaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Hardcopy: SKP.PGSD.0101 | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Video Berbasis Sparkol Videoscribe, Mata Pelajaran IPA, Hasil Belajar. | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2023 02:54 | |||||||||
Last Modified: | 30 Oct 2023 02:54 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1703 |
Actions (login required)
View Item |