HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN UNIVERISTAS MUHAMMADIYAH KOTA TASIKMALAYA

ICEP PERMANA, - (2017) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN UNIVERISTAS MUHAMMADIYAH KOTA TASIKMALAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
COVER Icep Permana.pdf

Download (33kB)
[img] Text
ABSTRAK Icep Permana.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB I Icep Permana.pdf

Download (869kB)
[img] Text
BAB-VII Icep Permana.pdf

Download (656kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Icep Permana.pdf

Download (706kB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh mahasiswa seetlah mengikuti proses pembelajaran. Berbai faktor yang mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalah pemanfaatan perpustakaan. Namun pemanfaatan perpustakaan masih rendah, hal ini terlihat dari kunjungan ke perpustakaan Universitas Muhmmadiyah Tasikmalaya periode November 2016 –Maret 2017 menunjukkan data daftar peminjam buku Tingkat II progam Studi S1 keperawatan mencapai 81 kunjungan dengan rata-rata 5 kunjungan per bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahai hubungan pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode analitik dan pendekatan cross sectional. Sampel adalah mahasiswa tingkat II sebanyak 62 orang dipeorleh dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan distribusi frekuensi dan uji chi square.Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa sebagian besar termasuk tinggi (61.3%), prestasi belajar mahasiswa sebagian besar termasuk rendah (53.2%). Terdapat hubungan pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar mahasiswa dengan p value 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan perpustakaan berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan prestasi belajar, maka mahasiswa sebaiknya dapat mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan dikampus melalui membaca buku sesuai kebutuhan, diskusi mata kuliah,mengerjakan tugas dan lain-lain sehingga dapat menambah wawasan dan informasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSuchri Suarli, -NIDN0406074801
Thesis advisorUsman Sas Yari, -NIDN0406098302
Additional Information: HARDCOPY (SKP.0809)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan, Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Pustakawan UMTAS ,-
Date Deposited: 12 Jun 2023 01:43
Last Modified: 22 Jun 2023 06:53
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1442

Actions (login required)

View Item View Item