PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN GAME PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF SISWA KELAS IV SDN KARANGMULYA - (SKP.PGSD.0097)

Resta Noer Hani, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN GAME PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF SISWA KELAS IV SDN KARANGMULYA - (SKP.PGSD.0097). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Resta Noer Hani - COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Resta Noer Hani - ABSTRAK.pdf

Download (915kB)
[img] Text
Resta Noer Hani - BAB I.pdf

Download (915kB)
[img] Text
Resta Noer Hani - BAB V.pdf

Download (918kB)
[img] Text
Resta Noer Hani - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (893kB)

Abstract

Menulis merupakan kegiatan yang melibatkan kreativitas dan konsentrasi dalam setiap tulisan, menulis merupakan syarat belajar pemahaman karena teks yang kita tulis dapat dipahami dan akan dibutuhkan suatu saat nanti. Guru menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT dimana siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan diskusi dan turnamen. Selain itu, guru menggunakan media pembelajaran game puzzle sebagai alat penyampaian materi agar siswa berinteraksi satu sama lain, percaya diri dalam mengungkapkan pendapat. Sehingga dalam kegiatan belajar mengajar, siswa dapat dengan mudah memahami apa yang dipelajarinya dan mengetahui cara memecahkan masalah serta menarik kesimpulan tentang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif TGT berbantuan game puzzle terhadap keterampilan menulis paragraf siswa kelas IV SDN Karangmulya. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian menggunakan jenis Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangmulya. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Karangmulya yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini akan menggunakan Sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 24. Hasil data yang dianalisis memperoleh sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Hₐ diterima. berdistribusi normal dengan taraf signifikansi normalitas data 0,319 > 0,05 dan taraf signifikansi homogenitas data 0.124 > 0.05. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 73.06 dan kelas kontrol yaitu 57.63 (73.06 > 57.63). Maka model pembelajaran kooperatif TGT dengan berbantuan game puzzle memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Karangmulya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Uncontrolled Keywords: kooperatif TGT, Keterampilan Menulis Paragraf, Bahasa Indonesia, Kelas IV.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 03 May 2023 01:46
Last Modified: 03 May 2023 01:46
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item