PENGEMBANGAN MULTI MEDIA INTERAKTID BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN - (SKP.PAUD 0021)

Syifa Fauziah, - (2021) PENGEMBANGAN MULTI MEDIA INTERAKTID BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN - (SKP.PAUD 0021). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Syifa Fauziah - COVER.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Syifa Fauziah - COVER.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Syifa Fauziah - ABSTRAK.pdf

Download (876kB)
[img] Text
Syifa Fauziah - BAB I.pdf

Download (882kB)
[img] Text
Syifa Fauziah - BAB V.pdf

Download (872kB)
[img] Text
Syifa Fauziah - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (889kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (136kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu bahan ajar yang dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa siswa memerlukan media yang menyenangkan terlebih untuk menstimulasi kecerdasan logika matematika. Oleh karena itu, maka perlu adanya pengembangan bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran logika matematika berbasis Microsoft powerpoint untuk TK kelompok B atau setara dengan anak usua 5-6 tahun, serta untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Microsoft powerpoint. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model penelitian dan pengembangan 4D. Tahapan yang dilakukan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap menyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan melalui 1 tahap yaitu uji coba kelompok kecil Berdasarkan hasil validasi tahap 1 oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata komulatif sebesar 63,125% dengan kriteria “cukup baik” yang artinya perlu adanya perbaikan dari beberapa aspek yang terdapat didalam media. Setelah melakukan serangkaian revisi maka diperoleh rata-rata skor komulatif pada validasi tahap 2 sebesar 89% dengan kriteria “sangat baik”, sehingga tidak ada revisi ulang terhadap media. Skor rata-rata komulatif validasi tahap 1 oleh ahli media sebesar 96,5% dengan kiteria “Sangat Baik” sehingga media dikatakan valid dan siap digunakan untuk uji coba lapangan. Pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor sebesar 92% dengan kriteria sangat menarik sehingga media layak dan siap digunakan sebagai bahan ajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorNandhini Hudha Anggarasari, -NIDN0425108308
Thesis advisorFajar Nugraha, -NIDN0408128802
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Microsoft powerpoint, Logika Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:56
Last Modified: 24 May 2023 08:08
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item