PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN PENGGUNAAN KALIMAT TANYA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SDN 5 IMBANAGARA KABUPATEN CIAMIS - (SKP.PGSD.0083)

Nuke Yulinda, - (2022) PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN PENGGUNAAN KALIMAT TANYA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SDN 5 IMBANAGARA KABUPATEN CIAMIS - (SKP.PGSD.0083). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Nuke Yulinda - ABSTRAK.pdf

Download (825kB)
[img] Text
Nuke Yulinda - BAB I.pdf

Download (842kB)
[img] Text
Nuke Yulinda - BAB V.pdf

Download (749kB)
[img] Text
Nuke Yulinda - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (822kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa bahasa Indonesia khususnya dalam materi kalimat tanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran penggunaan kalimat tanya terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas VI SDN 5 Imbanagara. Desain yang digunakan quasi experimental design dengan menggunakan nonequaivalent control group design. Teknik ini dipilih karena pemilihan kelas tidak dipilih secara acak untuk diberikan pre-test dan post-test untuk mengetahui keadaan awal di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VI SDN 5 Imbanagara sebanyak 32 orang. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan observasi, kemudian wawancara kepada guru dan tes kepada siswa. Tes yang diberikan tes pre-test dan post-test. Instrumen pengumpulan data yang digunakan instrumen tes (tes uraian). Data dianalisis dengan menggunakan software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 24. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa video pembelajaran penggunaan kalimat tanya memiliki pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN 5 Imbanagara Kabupaten Ciamis. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rat-rata pre-test sebesar 55,36 dan nilai post-test sebesar 93,81, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-test 59,04 dan nilai post-test sebesar 90,00. Uji hipotesis dilakukan menggunakan Independent Samples T-test. Dalam uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel (2,387 > 1,6972) sehingga dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima dan Hₒ ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sehingga penggunaan video pembelajaran penggunaan kalimat tanya berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas VI SDN 5 Imbanagara Kabupaten Ciamis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran Kalimat Tanya, Hasil Belajar Siswa SD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:56
Last Modified: 17 May 2023 02:00
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item