Riska Aulia, - (2022) KORELASI KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN BERBAHASA DI KELAS TINGGI SD NEGERI 1 KUJANG - (SKP.PGSD.0079). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (811kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (848kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (812kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (820kB) |
Abstract
Dalam keterampilan berbahasa di kelas tinggi yaitu kelas V SD Negeri 1 Kujang masih banyak ditemukan masalah pada siswa baik dalam aspek kognitif ataupun psikomotor yang dapat diartikan baik dalam kegiatan menyimak, membaca, menulis ataupun berbicara. Oleh karena itu, dalam hal ini peneliti akan meneliti masalah tersebut melalui korelasi kecerdasan linguistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui korelasi kecerdasan linguistik dengan keterampilan berbahasa adalah angket (kuisioner) dan tes. Populasi penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kujang yang berjumlah 15 orang. Berdasarkan hasil analisis data dari hasil perhitungan menggunakan rumus korelasi Product Moment diperoleh data r hitung 0,649 (menulis), 0,53 (berbicara) 0,5309 (menyimak), 0,584 (membaca) ≥ r tabel 0,514. Dengan demikian nilai r hitung ≥ r tabel vi pada taraf signifikansi 5% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa ada korelasi secara signifikansi antara kecerdasaN linguistik dengan keterampilan berbahasa di kelas V SD Negeri 1 Kujang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Korelasi, Kecerdasan Linguistik, Keterampilan Berbahasa | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2022 02:20 | |||||||||
Last Modified: | 23 May 2023 08:54 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/876 |
Actions (login required)
View Item |