PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS V SDN 1 JAHIANG - (SKP.PGSD.0068)

Irnawati, Ai (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KELAS V SDN 1 JAHIANG - (SKP.PGSD.0068). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar matematika materi volume bangun ruang yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) dan yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (CRH) pada kelas V SDN 1 Jahiang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif metode penelitian preeksperimental designs bentuk one-group pretest-posttest design. Seluruh peserta didik kelas V di SDN 1 Jahiang merupakan populasi dari penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan berupa tes esai. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi volume bangun ruang kelas V SDN 1 Jahiang dilihat dari nilai rata-rata pretest pada peserta didik yang tidak diberikan perlakuan sebesar 24,55. Sedangkan untuk peserta didik yang diberikan perlakuan atau group posttest sebesar 88,18. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukan t hitung > t tabel (t hitung = 5,890 > t tabel = 1,833). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil prestasi peserta didik sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan sesudah diberikan perlakuan (posttest).

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorPermana, RahmatNIDN0429018902
Thesis advisorHendrawan, BudiNIDN0421068603
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:25
Last Modified: 29 Oct 2022 07:32
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/613

Actions (login required)

View Item View Item