PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI DAN KINESTETIK (VAK) BERBANTUAN MEDIA JAM SUDUT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 1 LINGGAWANGI

Nadia Ikhwa Nurhuda, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORI DAN KINESTETIK (VAK) BERBANTUAN MEDIA JAM SUDUT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 1 LINGGAWANGI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual, Auditori dan Kinestetik (VAK) berbantuan media jam sudut terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 1 Linggawangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Dimana dalam desain ini populasi dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Visual, Auditori dan Kinestetik (VAK) sedangkan kelompok kontrol merupakan kelompok yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Namun kelompok kontrol tidak sepenuhnya dapat mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen Populasi yang digunakan adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Linggawangi yang berjumlah 47 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh diketahui bahwa model pembelajaran Visual, Auditori dan Kinestetik (VAK) berbantuan media jam sudut memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri 1 Linggawangi pada materi sudut. Hal ini terlihat dari perbedaan hasil nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 18,8 dan nilai posttest sebesar 86,1 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 18,9 dan nilai posttest sebesar 78,6. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test. Dalam uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,581 > 2,021) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat berbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Additional Information: HARDCOPY (SKP.PGSD.0060)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Visual, Auditori dan Kinestetik (VAK), Media Jam Sudut, Materi Sudut, Prestasi Belajar Matematika.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 24 Nov 2021 08:37
Last Modified: 03 Jul 2023 05:02
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item