PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 1 SUKAMENAK TAHUN AJARAN 2018/2019 - (SKP.PGSD.0036)

Eneng Fitri Fauziah, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 1 SUKAMENAK TAHUN AJARAN 2018/2019 - (SKP.PGSD.0036). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (497kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (583kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (495kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB)

Abstract

Pembelajaran IPS memberi bekal kepada siswa untuk mengembangkan diri sesuai bakat, minat, dan kemampuan, serta berbagai bekal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kendala yang sering ditemui guru dalam mengajar IPS diantaranya rendahnya prestasi siswa dan motivasi siswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS yaitu dengan menerapkan model pembelajaran time token. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran time token terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Sukamenak. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah quasi experimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Sukamenak yang berjumlah 32 orang yang terbagi kedalam kelas eksperimen sebanyak 16 siswa dan kelas kontrol sebanyak 16 siswa dengan penentuan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran time token terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Sukamenak. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian bahwa prestasi belajar siswa kelas eksperimen bernilai rata-rata sebesar 80,38 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 72,06. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar thitung untuk variabel kelas eksperimen sebesar 2.435, sedangkan ttabel adalah 2,042, sehingga thitung > ttabel (2.435 > 2,042), maka model pembelajaran time token berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN 1 Sukamenak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Time Token, Prestasi Belajar IPS.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 29 Jun 2021 01:30
Last Modified: 30 May 2023 06:50
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/331

Actions (login required)

View Item View Item