PENGARUH METODE CHAIN WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SDN CISASAH PADA PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN IDE POKOK

Ai Parihah, - (2020) PENGARUH METODE CHAIN WRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SDN CISASAH PADA PEMBELAJARAN MENGEMBANGKAN IDE POKOK. Skripsi thesis, universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK_AI.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB I_AI.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB V_AI.pdf

Download (591kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_AI.pdf

Download (593kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Chain Writing terhadap keterampilan menulis kelas V SD Negeri Cisasah dalam pembelajaran mengembangkan ide pokok.. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan quasi eksperimen design. Penelitian quasi eksperimen design digunakan untuk mengetahui pengaruh suatu perlakuan terhadap karakteristik subjek yang diteliti. Penggunaan metode quasi eksperimen design ini didasarkan atas pertimbangan agar dalam pelaksanaan penelitian ini pembelajaran berlangsung secara alami sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap penelitian. Penelitian ini dibagi dua kelompok siswa, yaitu siswa kelompok eksperimen dan siswa kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cisasah dengan subjek penelitian siswa kelas V. Pengumpulan data menggunakan teknik tes yang terbagi ke dalam dua bagian, yaitu tes awal (pretest) keterampilan menulis mengembangkan ide pokok dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan mengunakan uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis mengembangkan ide pokok, antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode chain writing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional di SDN Cisasah, hal ini ditunjukan dengan nilai pada Sig. (2-tiled) adalah 0.000 lebih kecil dari taraf signifikansi < 0.05 H; (2) pengaruh penggunaan metode chain writing lebih tinggi dari pada pembelajaran yang hanya menggunakan metode menulis konvensional dalam meningkatkan kemampuan menulis mengembangkan ide pokok siswa kelas V di SDN Cisasah. Hal ini ditunjukan dengan perbedaan nilai rata-rata hasil posttest kelompok eksperimen sebesar 83,70 yang lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil posttest kelompok kontrol sebesar 57,90.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Additional Information: HARDCOPY- (SKP.PGSD.0029)
Uncontrolled Keywords: Chain Writing, Keterampilan Menulis Mengembangkan Ide Pokok.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 22 Jun 2021 09:01
Last Modified: 07 Dec 2023 07:55
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item