PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI NEGAWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 4 PADA MATERI KERAGAMAN HEWAN

Dede Via Fauziah, - (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI NEGAWAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS 4 PADA MATERI KERAGAMAN HEWAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Dede Via - COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Dede Via - ABSTRAK.pdf

Download (751kB)
[img] Text
Dede Via - BAB I.pdf

Download (856kB)
[img] Text
Dede Via - BAB V.pdf

Download (837kB)
[img] Text
Dede Via - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (838kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya suatu masalah mengenai rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA terutama dalam tema peduli terhadap makhluk hidup subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku materi keragaman hewan. Tujuan dari pnelitian ini adalah untuk mengetahui Pengembangan media pembelajaran Monopoli Negawan dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Monopoli Negawan dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan 7 tahap menggunakan pendekatan deskripsi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 1 Sodonghilir, SDN Kersagalih dan SDN 1 Cikalong. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, dimana siswa kelas IV SDN 1 Sodonghilir merupakan sampel dan digunakan untuk menguji efektifitas Media Pembelajaran Monopoli Negawan. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket validasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tahap Uji coba kecil, diperoleh skor 17,7 rata-rata 3,54 dengan kelayakan media sangat baik. Uji coba besar memperoleh skor 35,5 rata-rata 3,55 dengan kelayakan media sangat baik. Adapun media pembelajaran monopoli negawan masuk pada kategori efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan skor rata-rata N-Gain sebesar 0.81 atau 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli negawan efektif digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0147
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Monopoli Negawan, Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:29
Last Modified: 14 Jun 2024 04:29
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item