PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MITIGASI GEMPA BUMI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Siti Alifiyatun Nufus, - (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MITIGASI GEMPA BUMI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Siti Alifiya HN - COVER.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Siti Alifiya HN - ABSTRAK.pdf

Download (888kB)
[img] Text
Siti Alifiya HN - BAB I.pdf

Download (901kB)
[img] Text
Siti Alifiya HN - BAB V.pdf

Download (880kB)
[img] Text
Siti Alifiya HN - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (893kB)

Abstract

Pendidikan kebencanaan di satuan PAUD menjadi sangat penting dan strategis sebagai dasar dalam mengurangi risiko atas berbagai kejadian bencana yang dihadapi, namun tidak sedikit satuan PAUD yang kurang memerhatikan Pendidikan Kebencanaan ini secara khusus. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa siswa membutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan pengetahuan mitigasi gempa bumi. Oleh karena itu, maka perlu adanya pengembangan bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa multimedia interaktif berbasis microsoft powerpoint untuk meningkatkan pengetahuan mitigasi gempa bumi pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model penelitian dan pengembangan 4D. Tahapan yang dilakukan yaitu define, design, develop dan disseminate. Tempat penelitian ini berlokasi di TK Al Fathonah, Singaparna, Kab. Tasikmalaya. Subjek validasi merupakan ahli materi (ke-PAUD-an dan kebencanaan) dan ahli media. Uji coba dilakukan melalui uji pengguna (siswa dan guru). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen wawancara dan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data penilaian ahli materi dan media dengan skala likert dan analisis data penilaian siswa dengan skala guttman. Berdasarkan hasil validasi tahap 1 dan tahap 2 oleh ahli materi ke-PAUD-an diperoleh skor rata-rata akhir sebesar 4,55 dengan kriteria “sangat baik”. Sedangkan, hasil validasi tahap 1 dan tahap 2 oleh ahli materi kebencanaan diperoleh skor rata-rata akhir sebesar 4,06 dengan kiteria “sangat baik”. Lalu, hasil validasi ahli media diperoleh skor rata-rata sebesar 4,61 dengan kriteria “sangat baik” sehingga media dikatakan valid dan siap digunakan untuk uji coba di lapangan. Hasil validasi guru melalui uji coba pengguna memperoleh skor 100%, lalu pada uji coba perorangan diperoleh skor 100% dengan kriteria “sangat layak” dan pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor sebesar 9,43% dengan kriteria “sangat layak” juga sehingga multimedia interaktif mitigasi gempa bumi ini layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorNandhini Hudha Anggarasari, -NIDN0425108308
Thesis advisorFajar Nugraha, -NIDN0408128802
Additional Information: Hardcopy: SKP.PAUD 0030
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Microsoft PowerPoint, Mitigasi Gempa Bumi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:11
Last Modified: 23 Jan 2024 04:11
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1772

Actions (login required)

View Item View Item