Nuraini Anisa, - (2023) MODEL PELATIHAN BERBASIS MINDFULNESS BASED STRESS REDUCTION (MBSR) DALAM MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Nuraini Anisa - COVER.pdf Download (81kB) |
|
Text
Nuraini Anisa - ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Nuraini Anisa - BAB I.pdf Download (925kB) |
|
Text
Nuraini Anisa - BAB V.pdf Download (958kB) |
|
Text
Nuraini Anisa - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (906kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang tingkat prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh siswa dan siswi kelas X di SMK Sukapura, mengetahui perbedaan tingkat prokrastinasi akademik siswa dan siswi kelas X di SMK Sukapura, dan mengetahui butir-butir item prokrastinasi akademik yang capaian skornya tinggi, sedang dan rendah pada siswa kelas X di SMK Sukapura sebagai topik usulan bimbingan pribadi-belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif komparatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMK Sukapura Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 174 siswa.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner Academic procrastination scale yang berjumlah 25 item. Kuesioner disusun berdasarkan pada aspek yang dikemukakan oleh Tucman dan dimodifikasi dengan Salomon and Rothblum yakni perilaku prokrastinasi akademikdan kognitif prokrastinasi akademik. Rancangan pelatihan berbasis MBSR dilakukan dengan 8 sesi pelatihan. Pendekatan penelitian kuantitatif quais-eksperimen dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest. Nilai koefisien reliabilitas instrumen menggunakan pendekatan Alpha Chroncbach (α) sebesar 0, 799. Tingkat prokrastinasi akademik dan capaian skor item tingkat prokrastinasi akademik dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif, sedangkan perbedaan tingkat prokrastinasi akademik siswa dan siswi kelas kelas X di SMK Sukapura dengan uji pretest-posttest. Hasil penelitian: menunjukkan bahwa tingkat prokrastinasi akademik siswa kelas kelas X di SMK Sukapura pra intervensi mayoritas berada pada kategori tinggi dengan persentase 88,61% dan setelah dilakukannya intervensi siswa berada di persentase 74,11%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Hardcopy: SKP.BK 0177 | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Prokrastinasi akademik, Mindfullnes Based Stress Reduction (MBSR) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:30 | |||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2023 02:30 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1691 |
Actions (login required)
View Item |