Wahyuning Mahardika Basyari, - (2023) EFEKTIFITAS SOCIAL SKILL TRAINING (SST) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TASIKMALAY FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN ANGKATAN 2021. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Wahyuning Mahardika - COVER.pdf Download (30kB) |
|
Text
Wahyuning Mahardika - ABSTRAK.pdf Download (902kB) |
|
Text
Wahyuning Mahardika - BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Wahyuning Mahardika - BAB V.pdf Download (933kB) |
|
Text
Wahyuning Mahardika - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Efektivitas Social Skill Training (SST) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan Angkatan 2021. Penelitian dilakukan di Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Penelitian ini berlatar belakang pada pentingnya meningkatkan Keterampilan Sosial Mahasiswa dengan permasalah yang ditemukan diantaranya mahasiswa baru sulit berdaptasi menerima keadaan dirinya ketika harus berubah mengikuti arus lingkungan barunya, keterampilan yang rendah dapat menimbulkan masalah dalam diri mahasiswa secara fisiologis dan psikologis, mahasiswa juga akan merasa tidak percaya diri, memiliki penurunan dalam prestasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keterampilan sosial mahasiwa FKIP dan menguji Efektivitas Sosial Skill Training. Penelitian ini menggunakan teori besar tentang Keterampilan Sosial dari Ronald Reggio. Penelitian menggunakan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian ini adalah nonequivalent pretest-postest control group design (pretest-postest dua kelompok). Instrumen dalam penelitian ini adalah angket infentori deskripsi diri / social skill inventory (SSI) menggunakan rujukan dari Ronald Reggio (2003). Subjek penelitian adalah Mahasiswa FKIP UMTAS Angkatan 2021 yang diambil dengan teknik Sample Random Sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji t, yaitu melalui analisis statistik uji t paired (paired sample t-test) dengan menggunakan SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) secara umum keterampilan mahasiswa FKIP berada di kategori sedang dalam skor 239-302, (2) rancangan intervensi Social Skill Training (SST) di susun berdasarkan analisis kebutuhan dengan melakukan 4 kali pertemuan yang mana pada bagi menjadi 8 sesi untuk kelompok eksperimen dan untuk kelompok kontrol hanya 1 kali pertemuan, (3) layanan Social Skill Training memiliki nilai efektivitas yang berbeda dengan membandingkan rata-rata yang dimiliki setiap kelompok, Mahasiswa dengan hasil pengujian skor rata-rata 272,19 untuk kelompok eksperimen dan skor rata-rata 282,10 untuk kelompok kontrol dengan berdasarkan acuan tabel pembagian skor Gain.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Hardcopy: SKP.BK 0172 | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Social Skill Training, Keterampilan Sosial | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling | |||||||||
Depositing User: | Admin Perpus | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2023 06:28 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2023 06:28 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1686 |
Actions (login required)
View Item |