Teti Nurul Fathiyati, - (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI JASMANI DOMAIN KOMPETENSI FISIK UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR - (SKP.PGSD.0080). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (824kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (950kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (828kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (997kB) |
Abstract
Penelitian ini mengembangkan sebuah instrumen tes literasi jasmani domain kompetensi fisik untuk siswa Sekolah Dasar. Bertujuan untuk membuat bentuk instrumen literasi jasmani domain kompetensi fisik, menguji kelayakan produk yang dikembangkan dengan prinsip kesesuaian, kemudahan dan kemanan untuk siswa Sekolah Dasar usia 8 sampai 12 tahun. Metode yang digunakan yaitu R&D (Research end Development) metode Bord & Gall dengan tujuh tahap. Domain sampel nonprobability dengan teknik purposive sampling dari populasi keseluruhan 258 siswa dan yang menjadi sampel pada penelitian ini ada 122 siswa dari 5 SD di Kec. Cihaurbeuti. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan domain instrumen validitas draf domain kuesioner yang diberikan kepada expert judgment, instrumen uji coba lapangan guna memperoleh masukan dan saran dari hasil produk yang telah dikembangkan. Teknik analisis data validitas produk domain analisis doolittle, dan analisis data reliabilitas domain analisis coefficient alpha. Berdasarkan hasil penelitian, telah tersusun sebuah tes untuk mengukur kompetensi fisik anak dalam literasi jasmani yang terdiri dari TIAMSA, tes PACER, dan tes sit up. Tes literasi jasmani domain kompetensi fisik untuk siswa SD usia 8 sampai 12 tahun memiliki kriteria yang sangat tinggi dari segi kesesuaian, kemudahan, dan keamanan. Tes literasi jasmani domain kompetensi fisik untuk siswa SD usia 8 sampai 12 tahun memiliki kriteria tes berupa nilai validitas yang sangat tinggi dan reliabilitas yang tinggi, dimana nilai validitas TLJSD-DKF untuk putra sebesar 1.017 dan putri sebesar 0.937 Sedangkan nilai reliabilitas tes literasi jasmani domain kompetensi fisik untuk siswa SD usia 8 sampai 12 tahun putra sebesar 0.747 dan putri sebesar 0.606. Maka dapat dipertimbangkan sebagai instrumen tes untuk menilai kemampuan literasi jasmani domain kompetensi fisik. Namun hal ini tidak terlepas perlu adanya penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Tes, Literasi Jasmani, R&D, Sekolah Dasar, Domain Kompetensi Fisik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2022 04:55 | |||||||||
Last Modified: | 25 May 2023 02:49 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/877 |
Actions (login required)
View Item |