Rika Rindayanti, - (2019) PENGEMBANGAN MEDIA FILM BISU (VISUAL GERAK) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN KELAS IV DI SDN CIBEUREUM KOTA TASIKMALAYA. - (SKP.PGSD 0002). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
COVER LUAR.pdf Download (204kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan.pdf Download (214kB) |
|
Text
abstrak ii.pdf Download (784kB) |
|
Text
bab 1 pendahuluan.pdf Download (617kB) |
|
Text
BAB V RIKA.pdf Download (587kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (717kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk membuat sebuah media pembelajaran yaitu film bisu (visual gerak) guna untuk mengetahui kualitas media yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian oleh ahli media, ahli materi dan penilaian oleh 24 orang siswa pada materi jenis-jenis pekerjaan serta mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran film bisu (visual gerak) yang telah dikembangkan. Metode yang dilakukan dalam penelitian yaitu menggunakan metode model 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Penelitian ini dilakukan karena ada beberapa hambatan di kelas IV B SDN Cibeureum selama proses pembelajaran yaitu kurangnya minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran IPS serta kurangnya variasi media yang digunakan oleh guru saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Guru hanya menggunakan media sebagai sumber belajar dengan seadanya yang menyebabkan siswa menjadi pasif dan tidak ada minat untuk mengikuti mata pelajaran IPS. Teknik dan instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes yaitu tes awal dan tes akhir, serta menggunakan angket yang ditujukan kepada beberapa ahli, sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistika deskriptif yaitu dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas IV SDN Cibeureum, bahwa dapat diketahui hasilnya yaitu mengalami kenaikan dalam hasil tes yang berbeda-beda, karena dapat di lihat dari diagram hasil uji tes awal dan tes akhir siswa mendapatkan nilai yang lebih bagus dengan rata-rata nilai pada tes akhir yaitu 8,2 sedangkan nilai rata-rata siswa pada tes awal yaitu 7,5.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Film Bisu (Visual Gerak), Jenis-Jenis Pekerjaan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2021 06:11 | |||||||||
Last Modified: | 25 May 2023 06:30 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/583 |
Actions (login required)
View Item |