HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA DI SMAN 1 BAREGBEG

Wida Austin Hidayah, - (2021) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK SISWA DI SMAN 1 BAREGBEG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (698kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (734kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (588kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (697kB)

Abstract

Penelitian mengenai resiliensi akademik dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi disekolah, siswa di sekolah sulit untuk bangkit dari suatu permasalahan yang terjadi dalam dirinya serta banyaknya tugas- tugas dari guru yang menyebabkan mereka stres karena mereka belum mempunyai resiliensi akademik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional, dalam pengambilan data menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sample 181 siswa dari populasi sebesar 351 siswa. Hasil gambaran umum dukungan sosial menghasilkan presentase sebesar 94% berada pada kategori tinggi, dan resiliensi akademik sebesar 56% berada pada kategori sedang. Dari hasil analis skala dukungan sosial memiliki Cronbach’s Alpha (α) = 0,872, skala kedua yaitu reiliensi akademik memiliki Cronbach’s Alpha (α) = 0,927. Uji korelasi yang digunakan adalah menggunakan Pearson Product Moment yang menunjukan bahwa ada hubungan positif antara dukungan sosial terhadap resiliensi akademik sebesar 0,284.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorFeida Noorlaila Isti'adah, -NIDN0431018901
Thesis advisorAam imaduddin, -NIDN0418048404
Additional Information: Hardcopy: SKP.BK 0078
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Resiliensi, Resiliensi Akademik.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 16 Nov 2021 08:03
Last Modified: 26 Oct 2023 07:27
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item