Aldi Ernawan, - (2020) ANALISIS METODE REALIS DALAM PEMBELAJARAN SENI PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK DI SMPN 1 KARANGNUNGGAL - (SKP.SENI 0013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ASBTRAK.pdf Download (622kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (933kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (787kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (855kB) |
Abstract
Judul yang peneliti angkat pada penelitian ini adalah Analisis Metode Realis dalam pembelajaran seni pera untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik dikelas VIII SMPN 1 Karangnunggal . Permasalahan yang melatar belakangi masalah ini yaitu, sering sekali siswa kelasVIII kesulitan dalam melakukan peran, dan memfungsikan tubuh (fisiknya) juga ide yang kreatif serta inovatif. Peneliti memandang betapa pentingnya meningkatkan kecerdasan kinestetik melalui pembelajaran seni peran. Karena pembelajara tersebut dapat meningkatkan kelenturan tubuh dan juga respon tubuh serta dapat mengembangkan ide dalam pemeranan (akting). Siswa juga dapat belajar lebih percaya diri dan juga menyenangkan dalam pembelajaran ini sehingga suasana di dalam kelas tidak menjenuhkan. Sampel peneliti ini sebanyak 1 kelas dari kelas VIII. Penerapan metode realis dari Stanislafski merupakan metode akting persentase yang mengutamakan identifikasi antara aktor dengan jiwa sikarakter ,sehingga proses transformasiakan berkembang menemukan sasarannya. Metode pembelajaran yang akan diterapkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi agar mudah dalam berinteraksi pada siswa. Selain itu metode yang penulis terapkan dalam penelitian ini sangat berhubungan dengan meningkatkan kecerdasan kinestetik. Seni peran adalah seseorang yang menjadi atau menjelma yang lain sesuai dengan naskah yang dibawakan ,sehingga peristiwa diatas panggung bisa menjadi terlihat nyata. Tetapi permasalahan dalam penerapan metode realis yaitu siswa kurang nya pengetahuan tentang seni peran sehingga siswa tidak mengetahui kelebihan dalam tubuh atau fisiknya. Selain siswa kurang mengetahui seni peran itu ,fasilitas pun mengganggu proses pembelajaran seni peran.Penulis merencanakan pembelajaran dengan cara pembelajaran penerapan metode realis yang bertujuan meningkatkan kecerdasan kinestetik. Peneliti menginginkan hasil dari penelitian ini,peneliti siswa dapat mengetahui atau mengenali tubuhnya, dan pengertian atau makna dari seni peran beserta motoderealis. Kecerdasan kinestetik adalah suatu pembentukan ide dan juga pengembangan fisik.Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis.Data yang didapat dengan cara wawancara, dokumentasi dan menarik kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | metoderealis,seniperan,kecerdasankinestetik | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 23 Aug 2021 03:18 | |||||||||
Last Modified: | 22 May 2023 01:24 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/395 |
Actions (login required)
View Item |