PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN 1 SUKARATU MATERI PECAHAN - (SKP.PGSD.0057)

Siti Nur Alfiani, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN 1 SUKARATU MATERI PECAHAN - (SKP.PGSD.0057). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (440kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe talking stick terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD materi pecahan di SDN 1 Sukaratu. Penelitian ini dilakukan karena dalam pembelajaran matematika terdapat beberapa kendala yang mempengaruhi siswa kurang aktinya dalam pembelajara, malu bertanya, tidak berani mengeluarkan pendapat. Penelitian ini menggunakan jennis penelitian kuantitati menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent control Group. Desain ini dilakukan di SDN 1 Sukaratu dengan jumlah populasi 32 siswa dan menggunakan sampel ddari seluruh populasi. 32 siswa ini di bagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen, adapun pembagian kelompoknya menggunakan sistem undian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretes dan posttest. Data dianalisis menggunakan SPSS 16. Berdasarkan hasil data yang telah dianalisis memperoleh sig 0,01 < 0,05 berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimenn > dari posttest kelas kontrol (82,50 > 69.38). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe talking stick terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD materi pecahan di SDN 1 Sukaratu terdapat pengaruh dalam proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorYopa Taufik Saleh, -NIDN0423068704
Thesis advisorMeliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Talking Stick, Prestasi belajar.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 30 Jun 2021 03:23
Last Modified: 19 May 2023 03:11
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item View Item