Fitri Rahmawati, - (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAKOTA DENGAN MEDIASI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK DI SDN PASANGGRAHAN - (SKP.PGSD.0038). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK.pdf Download (494kB) |
|
Text
bab I.pdf Download (704kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (557kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (666kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dakota dengan mediasi keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika materi FPB dan KPK di SDN Pasanggrahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dan sample dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pasanggrahan Tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh yang artinya semua populasi digunakan sebagai sample. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes dan kuesioner/angket keaktifan siswa. berdasarkan hasil penelitian dan analisis pembahasan, data yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan normal dan homogen dengan taraf signifikan normalitas data 0,366 > 0,05, dan taraf signifikansi homogenitas data adalah 0,123 > 0,05 untuk pre-test, dan 0,739 > 0,05, untuk data post-test. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji Independent Sample Test (Uji-t). Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu 0,023 < 0,05 yang menujukan bahwa media pembelajaran dakota dengan mediasi keaktifan belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika materi FPB dan KPK di SDN Pasanggarahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Dakota, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar. | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2021 04:39 | |||||||||
Last Modified: | 25 May 2023 07:58 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/333 |
Actions (login required)
View Item |