Ririn Khaerunissa, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SDN 2 SUKASENANG - (SKP.PGSD 0007). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK RIRIN.pdf Download (544kB) |
|
Text
BAB I RIRIN.pdf Download (581kB) |
|
Text
BAB V RIRIN.pdf Download (491kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA RIRIN.pdf Download (501kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV di Sekolah Dasar. Hal ini agar penyampaian materi pembelajaran dapat terlaksana dengan baik, karena sebagian guru masih menggunakan motode konvensional dan jarang menggunakan model serta media pembelajaran sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen tipe Quasi Experimental Design dengan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes yaitu berupa soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan program SPSS 23 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Hal tersebut diperoleh dari prestasi belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) memperoleh rata-rata pretest 42,03, nilai rata-rata posttest 87,03 dan rata-rata normal gain 0,78 yangberkategori tinggi. Sementara prestasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle (IOC) memperoleh rata-rata pretest 41,85, nilai rata-rata posttest 68,51 dan rata-rata normal gain 0,46 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji t antara kelompok kontrol dan eksperimen diperoleh hasil dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 6,584 ≥ 2,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC), Prestasi Belajar Siswa, Daur Hidup Hewan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2021 12:19 | |||||||||
Last Modified: | 25 May 2023 04:35 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/224 |
Actions (login required)
View Item |