PENGARUH MODEL AIR (AUDITORY, INTELLECTUALY, AND REPETITION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS V SDN 1 BOJONGASIH - (SKP.PGSD 0003)

Linda Puspita Sari, - (2019) PENGARUH MODEL AIR (AUDITORY, INTELLECTUALY, AND REPETITION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS V SDN 1 BOJONGASIH - (SKP.PGSD 0003). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK LINDA.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB I LINDA.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB V LINDA.pdf

Download (497kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LINDA.pdf

Download (508kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan alasan masih ditemukan permasalahan yang sering terjadi pada pembelajaran dikelas khususnya pada mata pelajaran IPA. Permasalahan ini terjadi di berbagai sekolah masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga siswa merasa cepat bosan dalam mengikuti poses pembelajaran, kurangnya keinginan atau minat siswa dalam belajar, dan rendahnya tingkat pemahaman peserta didik. Hal ini berdampak pada prestasi belajar kognitif siswa. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan model AIR (Auditory, Intellectualy and Repetition) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada prestasi belajar kognitif siswa pada materi daur hidup hewan kelas V di SDN 1 Bojongasih. Penelitian ini dilaksanakan dikelas V SDN 1 Bojongasih dengan jumlah populasi 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control groups design. Untuk pengambilan sampelnya menggunakan Total Sampling. Dimana pengambilan sampel secara keseluruhan, kemudian dipilih kelas kontrol dan eksperimen dengan menggunakan teknik sampling sistematis. Selanjutnya untuk membagi penugasan ke kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara random. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnov, dan uji homogenitas menggunakan One-Way Anova. Kemudian untuk hasil hipotesis statistik menggunakan rumus uji-t. Data hasil uji Independen Sample T-Tes diperoleh signifikansi (2-tailed) yaitu 0, 000 < 0, 05. Sesuai hipotesis Uji Independen Sample T-Test yaitu Ha : sig < 0, 05 terdapat perbedaan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada model AIR (Auditory, Intellectualy and Repetition) terhadap prestasi belajar siswa materi daur hidup hewan. Kemudian untuk hasil nilai rata-rata (mean) post-test kelas eksperimen yaitu 87.05 dan nilai rata-rata (mean) post-test kelas kontrol yaitu 68.86, maka terdapat perbedaan antara nilai rata-rata post-test kelas kontrol dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dari model AIR (Auditory, Intellectualy and Repetition) terhadap prestasi belajar siswa pada materi daur hidup hewan di kelas V SDN 1 Bojongasih.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Thesis advisorSunanih, -NIDN2114087301
Uncontrolled Keywords: Model AIR (Auditory, Intellectualy and Repetition), Prestasi belajar siswa, Daur hidup hewan.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 21 Mar 2021 20:58
Last Modified: 23 May 2023 08:07
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item