Ifa Nur Afifah, - (2020) PENGARUH MODEL MARKET PLACE ACTIVITY (MPA) BERBANTUAN POSTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD IT AT-TAUFIQ AL-ISLAMY PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 MUATAN IPA - (SKP.PGSD.0026). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
ABSTRAK IFA.pdf Download (857kB) |
|
Text
BAB I IFA.pdf Download (578kB) |
|
Text
BAB V IFA.pdf Download (489kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA IFA.pdf Download (500kB) |
Abstract
IPA sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang dinilai memegang peranan penting, karena IPA merupakan pengetahuan tentang alam yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari siswa. Melalui wawancara yang dilakukan penulis kepada guru kelas V SD IT At-Taufiq Al-Islamy, bahwa prestasi pada tema 6 subtema 1 muatan IPA masih rendah, model yang dilakukan guru masih model ceramah, sehingga siswa tidak dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Market Place Activity (MPA) Berbantuan Poster Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD IT At-Taufiq Al-Islamy Pada Tema 6 Subtema 1 Muatan IPA. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD IT At-Taufiq Al- Islamy, yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh, peneliti cara pengambilan sempelnya secara random, yang menghasilkan 10 siswa kelas eksperimen dan 10 siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan model Market Place Activity (MPA) berbantuan poster dapat meningkatkan prestasi belajar siswa berdasarkan analisis hipotesis signifikasi (Two Tailed) < dari ½ 0,05 maka Ho ditolak, yang itu berarti terdapat pengaruh Model Market Place Activity (MPA) Berbantuan Poster Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD IT At- Taufiq Al-Islamy Pada Tema 6 Subtema 1 Muatan IPA, hal ini juga terlihat dari perbedaan antara rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, pada kelas eksperimen rata-ratanya yaitu 84,8 dan rata-rata prestasi belajar pada kelas kontrol yaitu 66,2.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Market Place Activity (MPA) Berbantuan Poster Prestasi Belajar IPA | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2021 20:49 | |||||||||
Last Modified: | 23 May 2023 07:52 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/217 |
Actions (login required)
View Item |