PENGARUH LEARNING CYCLE 5E(ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI IPA MATERI ALAT PERNAPASAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA - (SKP.PGSD 0021)

Hanifah Nurul Hasanah, - (2019) PENGARUH LEARNING CYCLE 5E(ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI IPA MATERI ALAT PERNAPASAN KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA - (SKP.PGSD 0021). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK HANIFAH.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB I HANIFAH.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB V HANIFAH.pdf

Download (494kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA HANIFAH.pdf

Download (498kB)

Abstract

Pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang menekankan pada pengalaman langsung agar dapat mengembangkan kompetensi untuk dapat memahami alam sekitar secara ilmiah. Melalui observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti, pada pembelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah Tasikmalaya guru belum menggunakan model serta media pembelajaran yang inovatif, rendahnya prestasi belajar siswa, keaktifan siswa rendah karena pembelajaran masih berpusat pada guru, serta siswa belum diarahkan untuk menjelaskan konsep dengan kalimat mereka sendiri (mereka hanya terpaku pada buku teks). Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti apakah penggunaan Learning Cycle 5E berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap prestasi IPA materi alat pernapasan siswa kelas V di SD Muhammadiyah Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Muhammadiyah Tasikmalaya yang berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes, wawancara, dan angket. Penelitian ini menggunakan analisis uji Shapiro-Wilk, ANOVA, dan Mann Whitney. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil posttest siswa yang menggunakan Learning Cycle 5E berbantuan media audio visual lebih tinggi dibandingkan dengan hasil posttest siswa yang menggunakan model konvensional. Hasil tersebut didasarkan pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,019 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Pengaruh Learning Cycle 5E terhadap prestasi siswa juga didukung oleh perhitungan N-Gain, Skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5240 berada pada kategori sedang lebih besar dari pada kelas kontrol sebesar 0,3782. Simpulan yang didapat yaitu model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap prestasi IPA materi alat pernapasan siswa kelas V SD Muhammadiyah Tasikmalaya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, IPA, Learning Cycle 5E, Media Audio Visual
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 21 Mar 2021 20:38
Last Modified: 23 May 2023 07:47
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item