PENGARUH PERMAINAN KETUK FONEM TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN SETIAMULYA - (SKP.PGSD 0013)

Dini Nurlatifah, - (2019) PENGARUH PERMAINAN KETUK FONEM TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN SETIAMULYA - (SKP.PGSD 0013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
ABSTRAK DINI.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB I DINI.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB V DINI.pdf

Download (440kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DINI.pdf

Download (560kB)

Abstract

Kemampuan membaca permulaan siswa kelas satu sekolah dasar di SDN 1 Setiamulya masih rendah. Penggunaan metode pembelajarannya tidak bervariasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh pembelajaran kesadaran fonemik dengan menggunakan metode permainan ketuk fonem terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas satu sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen One Group Pretest Posttest Design, dengan subjek penelitian sebanyak 10 orang siswa kelas satu sekolah dasar yang belum bisa membaca permulaan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca permulaan yang terdiri dari soal bacaan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh nilai Z = -2,816 dengan p < 0,005 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca permulaan sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran kesadaran fonemik dengan menggunakan metode permainan katuk fonem. Kemampuan membaca permulaan sesudah pembelajaran lebih baik daripada sebelum pembelajaran (rata-rata pretest = 12,5 menjadi rata rata post test = 29,4). Hasil ini menunjukkan H0 ditolak dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca permulaan sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran menggunakan permainan ketuk fonem. Sehingga dapat disimpulkan permainan ketuk fonem berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas satu sekolah dasar SDN 1 Setiamulya

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorRahmat Permana, -NIDN0429018902
Thesis advisorAnggia Suci Pratiwi, -NIDN0023018703
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca permulaan, permainan ketuk fonem.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 21 Mar 2021 18:10
Last Modified: 23 May 2023 08:17
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item