Nurlisyifa Fauziah, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELA IV SDN SIRNASARI KOTA TASIKMALAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Text
Nurlisyifa Fauziah - COVER.pdf Download (29kB) |
|
Text
Nurlisyifa Fauziah - ABSTRAK.pdf Download (753kB) |
|
Text
Nurlisyifa Fauziah - BAB I.pdf Download (891kB) |
|
Text
Nurlisyifa Fauziah - BAB V.pdf Download (758kB) |
|
Text
Nurlisyifa Fauziah - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Sirnasari Kota Tasikmalaya. Penelitian ini didasari oleh situasi pembelajaran yang masih belum optimal yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SD Negeri Sirnasari Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen disain quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Populasi adalah 40 siswa. Sampel penelitian dipilih secara purposive dengan memilih kelas IV A sebagai kelompok kontrol berjumlah 20 dan kelas IV B sebagai kelompok eksperimen berjumlah 20. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji-t. Hasil hipotesis dengan menggunakan SPSS 24 membuktikan bahwa uji t dengan menggunakan taraf signifikasi 0,05, memperoleh hasil 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak ,artinya model pembelajaran kooperatif tipe the power of two berpengaruh terhadap Hasil belajar IPS kelas IV di SDN Sirnasari. Selain itu diperoleh dari rata-rata nilai posttest, yaitu pada siswa kelas eksperimen yang menerapkan model tipe the power of two sebesar 74.00 sedangkan kelas kontrol sebesar 68.25. dengan demikian adanya pengaruh yang positif antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dan kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Hardcopy: SKP.PGSD.0143 | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model kooperatif tipe the power of two, Hasil Belajar Siswa, IPS. | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Tsani Karimah | |||||||||
Date Deposited: | 13 Jun 2024 07:30 | |||||||||
Last Modified: | 13 Jun 2024 07:30 | |||||||||
URI: | http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/2110 |
Actions (login required)
View Item |