PENYESUAIAN DIRI SISWA PASCA PANDEMIC COVID 19 DAN IMPLIKASINYA DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (PROGRAM BIMBINGAN KONSELING HIPOTETIK DENGAN TEKNIK RESTRUKRISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA SMPN 3 SUKARATU)

Akmal Fadilah, - (2023) PENYESUAIAN DIRI SISWA PASCA PANDEMIC COVID 19 DAN IMPLIKASINYA DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (PROGRAM BIMBINGAN KONSELING HIPOTETIK DENGAN TEKNIK RESTRUKRISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA SMPN 3 SUKARATU). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Akmal Fadilah - COVER.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Akmal Fadilah - ABSTRAK.pdf

Download (957kB)
[img] Text
Akmal Fadilah - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akmal Fadilah - BAB V.pdf

Download (960kB)
[img] Text
Akmal Fadilah - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi perlunya siswa memiliki penyesuaian diri yang baik setelah endemi Covid 19 sehingga siswa mampu kembali pada rutinitas sekolah tatapmuka dan mampu menghadapi perubahan yang terjadi dari dalam diri dan lingkungannya khususnya dilingkungan dan rutinitas sekolahnya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan probabily sampling dengan teknik cluster random sampling dengan populasi penelitian sebanyak 185 responden/siswa SMPN 3 Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket Penyesuaian Diri dengan menggunakan skala Guttmen. Hasil penelitian menunjukan 1) Gambaran umum penyesuaian diri sebanyak 75 orang siswa dengan presentase (40%) berada pada kategori Rendah kemudian sebanyak 110 orang siswa dengan presentase (60%) berada pada kategori tinggi. Artinya secara umum penyesuaian diri siswa pasca pandemic covid 19 berada pada kategori tinggi. 2) Gambaran penyesuaian diri berdasarkan jenis kelamin dengan hasil Sig 0,04 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara penyesuaian diri pada siswa laki-laki dan perempuan. 3) Berdasarkan rumusan program, dihasilkan program hipotetik bimbingan dan konseling untuk mengembangkan penyesuaian diri siswa yang disusun berdasarkan deskripsi kenutuhan siswa dari data penelitian. Rekomendasi yang disajikan bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam terkait dengan faktor yang lebih berpengaruh terhadap penyesuaian diri pada remaja/siswa di sekolah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorDewang Sulistiana, -NIDN0423098602
Thesis advisorAgung Nugraha, -NIDN0026128602
Additional Information: Hardcopy: SKP.BK 0194
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri, Program Bimbingan dan Konseling.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:18
Last Modified: 20 Feb 2024 03:18
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item View Item