PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV DI SDN MANGGALASARI

Ai Miranti Utami, - (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV DI SDN MANGGALASARI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Ai Miranti - COVER.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Ai Miranti - ABSTRAK.pdf

Download (752kB)
[img] Text
Ai Miranti - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ai Miranti - BAB V.pdf

Download (754kB)
[img] Text
Ai Miranti - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (935kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT berbantuan media animasi terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar kelas IV di SDN Manggalasari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest Posttest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Manggalasari. Sampel yang digunakan seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 38. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik sensus/sampling total, teknik sensus atau sampling total adalah teknik pengambilan sampel dimana semua anggota populasi dijadikan sampel.Untuk teknik pengumpulan data menggunakan test yaitu prettest dan posttest serta data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran REACT berbentuan media animasi memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar kelas IV di SDN Manggalasari. Hal ini terlihat perbedaan dari hasil nilai rata-rata pretest dan posttest. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 54,44 dan nilai posttest sebesar 87,78 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 56,11 dan nilai posttest sebesar 72,78 Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample Test ( Uji-t ). Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu sig ( 2-tailed ) 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil postest kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sehingga penggunaan strategi pembelajaran REACT berbantuan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar kelas IV di SDN Manggalasari.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorBudi Hendrawan, -NIDN0421068603
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0134
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran REACT, Media Animasi, Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:13
Last Modified: 02 Feb 2024 08:14
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item