ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI PADA ANIMASI PINKFONG

Rima Susilawati Rahmasyiami, - (2023) ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI PADA ANIMASI PINKFONG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Rima Susilawati - COVER.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Rima Susilawati - ABSTRAK.pdf

Download (985kB)
[img] Text
Rima Susilawati - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rima Susilawati - BAB V.pdf

Download (867kB)
[img] Text
Rima Susilawati - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (997kB)

Abstract

Bahasa adalah alat untuk berpikir, mengekspresikan diri dan berkomunikasi. Melalui bahasa kita dapat memahami komunikasi pikiran dan perasaan. Pada penelitian sebelumnya, menemukan fenomena pemerolehan bahasa lain (B2) pada anak yang berasal dari tayangan YouTube, karena anak cenderung menyerap secara utuh apa yang mereka lihat dan mereka akan mempelajari apa yang dilihatnya dibandingan hanya dengan didengarkan saja. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan bahasa anak usia dini pada animasi Pinkfong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan kartu data dengan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini adalah anak usia dini cenderung lebih menyukai lagu yang cepat dipelajari, lirik yang sederhana, memiliki ritme yang mudah, dan terdapat gerakan di dalamnya. Salah satu lagu itu ialah "Baby Shark" dengan durasi 2:17 menit. Pada lagu "Baby Shark" terdapat pengulangan lirik sehingga membantu anak belajar mengingat lirik yang cukup sederhana dan mudah dimengerti. Lirik yang menjadi ciri khas pada lagu ini ada pada bagian "Doo-Doo-Doo-Doo" dan suara pada masing-masing ikan Hiu. Dalam lagu “Baby Shark” juga terdapat indikator perkembangan bahasa, yaitu: 1) keaksaraan (pola kalimat sederhana dan pengimbuhan) 2) menerima bahasa (memahami perbandingan sederhana (ukuran ikan) dan mengikuti perintah dengan gerakan bersembunyi dan berlari) 3) mengungkapkan bahasa (menyatakan namanama anggota keluarga hiu dan menyatakan anggota keluarga dengan gerakannya masing-masing).

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMaesaroh Lubis, -NIDN0401057102
Thesis advisorNandhini Hudha Anggarasari, -NIDN0425108308
Additional Information: Hardcopy: SKP.PAUD 0029
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Bahasa, “Baby Shark”
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:54
Last Modified: 23 Jan 2024 03:54
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1770

Actions (login required)

View Item View Item