PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SIKLAR BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS 5 SD DI KECAMATAN SODONGHILIR

Rahmayanti Ningsih, - (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SIKLAR BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS 5 SD DI KECAMATAN SODONGHILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Rahmayanti Ningsih - COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Rahmayanti Ningsih - ABSTRAK.pdf

Download (880kB)
[img] Text
Rahmayanti Ningsih - BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rahmayanti Ningsih - BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rahmayanti Ningsih - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran di sekolah kecamatan sodonghilir ada beberapa kendala yaitu minimnya dalam mengembangkan media pembelajaran dan kendala dalam menyampaikan materi IPA khususnya pada materi siklus air sehingga nilai yang diraih oleh siswa masih dibawah KKM yaitu mencapai nilai rata-rata < 75 serta kurangnya pengetahuan IPA dan keterbatasan waktu dalam menyampaikan materi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif SIKLAR berbasis articulate storyline 3 untuk meningkatkan pengetahuan IPA dan keefektifan media tersebut. Lokasi yang digunakan untuk penelitian ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar di SDN II Cukangkawung dan SDN Karanggedang serta ujicoba lapangan utama terdapat di SDN I Cukangkawung. Metode yang digunakan untuk penetian ini adalah RnD (Research and Development) dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Brog and Gall yaitu 10 tahapan. Hasil penelitian uji efektivitas yang dilakukan di SDN I Cukangkawung dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa dengan hasil skor N-Gain dikelas eksperimen 0.77 atau 77% dengan kategori efektif, skor terkecil 0.50 atau 50% serta skor terbesar 1 atau 100%. Hasil skor N-Gain dikelas kontrol yaitu sebesar 0.36 atau 36% dengan kategori tidak efektif skor terkecil -1.25 atau -125% serta skor terbesar 1 atau 100%. Maka dapat disimpulkan bahawa media pembelajaran interaktif SIKLAR berbasis articulate storyline 3 efektif digunakan dan dapat meningkatkan pengetahuan IPA siswa kelas 5 SD di kecamatan sodonghilir.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorMohammad Fahmi Nugraha, -NIDN0017039001
Thesis advisorMeiliana Nurfitriani, -NIDN0405058903
Additional Information: Hardcopy: SKP.PGSD.0104
Uncontrolled Keywords: Articulate Storyline 3, Pengetahuan IPA, Siswa SD.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:00
Last Modified: 30 Oct 2023 07:00
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item View Item