KONSELING SINGKAT BERORIENTASI SOLUSI UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA MTs NEGERI 3 TASIKMALAYA

Wafa Zulfah, - (2023) KONSELING SINGKAT BERORIENTASI SOLUSI UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA MTs NEGERI 3 TASIKMALAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

[img] Text
Wafa Zulfah - COVER.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Wafa Zulfah - ABSTRAK.pdf

Download (804kB)
[img] Text
Wafa Zulfah - BAB I.pdf

Download (920kB)
[img] Text
Wafa Zulfah - BAB V.pdf

Download (802kB)
[img] Text
Wafa Zulfah - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (949kB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berkemang dengan pesat. Namun dibalik semua itu perkembangan tersebut memiliki dampak yang besar terhapaf kehidupan manusia terlebih dalam dunia pendidikan, baik itu dampak positif maupun dampak negatif. Salah satu dampak negatif tersebut adalah meningkatnya kecenderungan siswa yang menunda-nunda pekerjaan sekolah dengan melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat diluar kegiatan akademik. Fenomena tersebut ditunjukan dengan kebiasaan siswa yang suka menghabiskan waktunya untuk menonton televisi, bermain handpone atau main game selama berjam-jam, dan mengakses situs-situs dewasa lainya sebelum maupun ketika mereka belajar. Prokrastinasi akademik yang tinggi ditandai dengan tingginya dimensi penundaan memulai dan menyelesaikan pengerjaan tugas, keterlambatan dalam mengerjakan tugas, kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual, dan melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan. Penelirian ini menggunakan metode eksperimen desain subjek tunggal (singe subject research) dengan pola A-B-A. Populasi yang digunakan yaitu siswa MTs Negeri 3 Tasikmalaya dengan subjek yang dijadikan sampel untuk diberikan intervensi adalah siswa yang memiliki tingkat prokrastinasi akademik yang tinggi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis visual dengan garis trend pada grafik dan analisi statistic dengan menggunakan PND (Percentage NonOverlapping Data) untuk menguji keefektivitasan intervensi yang diberikan. Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan skor pada prokrastinasi akademik yang signifikan pada fase Baseline (A1), Fase Intervensi (B), Baseline (A2). Dengan begitu, konseling singkat berorientasi solusi terbukti efektif dalam mereduksi prokrastinasi akademik pada siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN
Thesis advisorCucu Arumsari, -NIDN0417049003
Thesis advisorMuhammad Muhajirin, -NIDN0418039101
Additional Information: Hardcopy: SKP.BK 0178
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, Mereduksi, Konseling Singkat Berorientasi Solusi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Tsani Karimah
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:38
Last Modified: 26 Oct 2023 02:38
URI: http://repository.umtas.ac.id/id/eprint/1692

Actions (login required)

View Item View Item